Sabtu, 14 Mei 2016

CARA MENGUYAH MAKAN DENGAN BAIK SEBLUM MASUK LAMBUNG

Sebelum kita lanjutkan, mari menyimak video ini
Watch "How Digestion Works" on YouTube - https://youtu.be/eTMzl1cblZc

🎆Video tsb memberi gambaran bagaimana makanan dicerna mulai dari mulut ke lambung dan ke usus.

Baik untuk dipahami bagaimana makanan diolah dan dicerna dalam tubuh kita. Kita bisa membayangkan bila makanan campur aduk diolah, dicerna dan diserap bersamaan. Atau bila kita makan terpisah2.

🌟Berkaitan dengan cara kerja sistem pencernaan tubuh kita, enzym yang mengolah karbohidrat berbeda dengan enzym yang mengolah protein hewan.

💥Ketika makanan masuk dan diolah/dikunyah di mulut, penting sekali diperhatikan mengunyah makanan sampai halus karena di dalam usus tidak ada lagi pemecahan makanan menjadi fraksi lebih kecil. Dengan mengunyah makanan menjadi halus, membantu kerja lambung/usus sehingga tidak memberatkan organ pencernaan.

💥Selain itu di dalam mulut juga bekerja enzym amilase yang mengolah karbohidrat. Fungsi mengunyah dan  membolak balikkan makanan adalah  mencampur makanan dengan enzym, dan kita memastikan makanan tercampur sempurna dengan enzym sebelum masuk ke dalam lambung.

💥Di dalam air liur kita selain enzym juga ada zat pembunuh kuman/bakteri. Ini adalah pertahanan pertama tubuh kita terhadap sesuatu yang masuk ke dalam tubuh.

Sekali lagi, jangan sampai melewatkan kunyah sempurna dan membolak balikan makanan agar tercampur dengan air liur.

💥Masuk ke lambung, makanan bercampur dengan asam lambung, selain mengeluarkan ezym mencerna karbohidrat juga membunuh bakteri/kuman dengan sifat sangat asamnya. Di lambung ini sedikit sekali keluarnya enzym mengolah protein.

💥 Lambung manusia sebenarnya normal menampung isi 1/2 liter. Tapi bisa dikembangkan sebesar 2 liter. Hanya saja jika kita makan banyak, ada makanan yang mestinya tercampur dengan enzym di lambung, sulit dijangkau karena penuh. Hasil cernanya kurang optimal. Dan ketika diserap di usus tertinggal dan menjadi terbuang.

💥Dari lambung, makanan antri melewati usus 12jari, makanan yang melewati empedu penghasil enzym pengolah protein dan lemak juga pangkreas penghasil enzym pengolah karbohidrat.

💥Disinilah penting diperhatikan, mengapa pola makan FC memisahkan makanan tinggi kandungan karbohidrat dengan makanan tinggi kandungan protein. Kaitannya dengan kerja enzym pengolah karbohidrat dan protein.

💥Akan sangat membantu meringankan kerja pencernaan ketika kita hanya makan makanan tinggi karbohidrat saja sehingga kerja enzym di lambung dan usus 12 jari optimal mengolah karbohidrat dan siap diserap di usus halus.

💥Dan juga masa kerja enzym adalah hanya 4 jam. Ketika kita kita makan hanya karbohidrat saja, segera selesai hanya 2-3 jam. Demikian juga jika makan protein, 3-4 jam makanan baru siap selesai diolah.

💥Dengan siatem pengolahan makanan oleh enzym cerna karbohidrat dan protein, mencampurkan makanan karbohidrat dengan protein hewan antri pengolahan makanan membutuhkan waktu 2-3 jam utk karbohidrat ditambah 3-4 jam untuk protein, sehingga masa transit (antrian) lebih dari 4 jam, melebihi kemampuan kerja cerna makanan.

❓Apa yang terjadi kalau makanan sudah lebih dari 4 jam diolah dalam usus?
Enzym berhenti bekerja, dan makanan lewat begitu saja dari lambung masuk ke usus halus. Padahal untuk proses metabolisme tubuh, memerlukan enzym untuk diserap dengan baik. Maka makanan kita tidak bisa sempurna diserap nutrisinya, bisa disebut mubazir.

Jika Anda paham dan mengerti dan penting untuk orang lain dan yang Anda sayangi like n share.
By siha FC

Change your water change your life
Iskandar
081902008000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar